5 langkah agar kita bisa menjadi hemat | ayoo Hemat !!


Hemat, satu kata yang simple namun sulit dilakukan. Kenapa ? Karena berhemat itu butuh perjuangan, butuh fokus yang maksimal. Bayangin aja yakan, awal bulan gajian, langsung deh itu yakan di hitung-hitung, di bagi-bagi, ini buat apa, yang ini di simpan dulu, bahkan langsung menyelipkan beberapa lembar ke dalam selipan dompet yang tidak akan terlihat oleh mata, katanya sih untuk simpanan, untuk ditabung, gak akan digunakan sampai gajian berikutnya, nyatanya itu dipakai juga, pasti ada aja yang mengharuskan uang simpanan itu keluar menari-nari di luar dompet, duhhh gak jadi nabung deh, haha. Sebenarnya gampang kok cara berhemat kalau kita tau tipsnya, coba di simak yuk beberapa tips berikut ini :


1. Buatlah anggaran belanja
Dengan membuat anggaran belanja setiap minggu atau bulannya dijamin deh uang gajian kamu akan bersisa dan bisa nabung. Bayangin aja kalau kamu enggak membuat anggaran belanja, pasti setiap harinya uang yang kamu keluarkan untuk biaya hidup sehari-hari bakal lebih besar, yang tadinya cukup seminggu malah habis sekejap dalam satu hari. Sayang kan !!


2.Tahan Selera
Baik laki-laki maupun perempuan menahan selera untuk tidak membeli barang mewah adalah suatu hal yang sering ditemui dimana saja dan kapan saja. Coba deh sekali-kali kamu yang suka belanja barang mewah, fikirkan dulu sebelum membeli, apakah emang sangat kamu butuhkan atau tidak, jika hanya sekedar untuk gaya agar terlihat kece dan keren, agar terlihat banyak uang tapi nyatanya miris, sebaiknya gak usah dibeli. Jangan gengsian jadi orang, bergayalah sesuai isi kantong !!

3.Menabung 
Beberapa dari kita pasti memiliki uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari. Ketika kamu berbelanja, lalu ada kembaliannya, coba deh mulai menyimpannya sedikit demi sedikit, simpan di tempat yang benar-benar aman dan nyaman tidak terlihat oleh mata. Niatkan memang uang itu untuk di simpan bukan di ambil lagi. Lakukan cara itu setiap hari atau setiap kali kamu memperoleh uang kembalian dari belanja, nah setelah uang yang kamu simpan tadi terkumpul banyak, ambil dan masukkan ke rekening agar lebih aman dan tentunya jauh dari tangan jahil kamu.

4.Jual barang-barang lama
Nah, cara ini juga bisa membuat tabungan kamu bertambah dari hasil penjualan barang-barang lama yang masih bagus tentunya. Sekarang banyak cara untuk menjual barang-barang lama kamu yang sudah tidak terpakai. Dari hasil penjualan tersebut kamu bisa mendapatkan uang lebih dan uang tersebut dapat disisihkan untuk di tabung.


5.Kurangi Makan Di luar

Boleh saja makan di luar, asalkan jangan setiap hari, itu akan membuat kamu semakin boros. Tapi, sebelum makan di luar, coba fikirkan makanan yang akan kamu makan di café atau di tempat makan yang lain, apakah kamu bisa membuatnya sendiri atau tidak ? Jika bisa, untuk apa harus membuang-buang uang makan di café hanya untuk makanan yang semestinya bisa kamu buat di rumah. Uang lebih yang kamu keluarkan seharusnya bisa disisihkan untuk ditabung. Jangan malas untuk membuat makanan sendiri di rumah, untuk apa membeli makanan di luar, jika kamu bisa membuatnya sendiri.
Keberhasilan atau kegagalan kita dalam berhemat ditentukan dari hal-hal yang kecil. Dengan kita menerapkan gaya hidup yang sederhana sudah tentu  kita akan jauh lebih bisa berhemat. Yuk berhemat untuk masa depan !!
Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat !!

0 Response to "5 langkah agar kita bisa menjadi hemat | ayoo Hemat !!"

Posting Komentar